Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Pertama, untuk mendeskripsikan cara mediamassa mengonstruksi nilai-nilai agama dalam sinetron Pesantren dan Rock 'n Rollyang ditavangkan SCTV. Kedua, mendeskripsikan prosentase iklan dalam satu kalitayangan sinetron Pesaniren dan Rock 'n Roll. Penelitian dilakukan dengan metodeanalisis wacana Teun A Van Dijk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilaiagama yang dikonstruksi dalam sinetron Pesantren dan Rock n Roll adalah masalahhubungan cinta anak muda di lingkungan pesantren. Bahwa sebagai manusia biasa,para santri pun bisa dan boleh mengalami jatuh cinta. Perilaku pasrah dan merenunginasib ketika seseorang patah hati, sangat ditonjolkan dalam tayangan ini. SinetronPesantren dan Rock n Roll yang ditayangkan SCTV berhasil mengkomodifikasikannilai-nilai agama. Keberhasilan komodifikasi ini diindikasikan oleh prosentase waktuiklan yang mencapai 33%. Indikasi lain adalah ditayangkannya sinetron tersebutsetiap hari selama dua jam, yakni dari jam 21.00 hingga 23.00 WIB.
Copyrights © 2013