Prosiding PESAT
Vol 5 (2013)

PENGARUH LINGKUNGAN INTERNAL TERHADAP TINGKAT PENJUALAN USAHA BATIK BANYUMAS

Hernama, Hernama (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2013

Abstract

Usaha batik Banyumas merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Peran Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menjadi sangat strategis, karena menyerap tenaga kerja sebesar 90.896.270 orang atau 97,04 persen dari total penyerapan tenaga kerja yang ada. Namun UMKM rentan kelangsungan hidupnya karena memiliki kelemahan, yaitu : proses produksi maupun pemasarannya masih dilakukan secara tradisional dan modalnya masih relatif kecil. Untuk itu perlu dikembangkan. Agar usaha batik Banyumas dapatdikembangkan perlu dianalisis faktor lingkungan usaha dan kinerja perusahaan. Lingkungan usaha yang di analisis pada penelitian ini adalah lingkungan internal, sedangkan kinerja perusahaan adalah kinerja produk yaitu tingkat penjualan.Analisis pengaruh lingkungan internal terhadap tingkat penjualan usaha batik Banyumas pada penelitian ini menggunakan model regresi logistik ordinal. Hasilnya menunjukan bahwa harga kompetitif dan memiliki armada distribusi sendiri mempengaruhi tingkat penjualan, sedangkan ketrampilan sumber daya manusia dan produktivitas sumber daya manusia tidak mempengaruhi tingkat penjualan dalam usaha batik Banyumas.

Copyrights © 2013