Jamkesda adalah program Jaminan Kesehatan Daerah yang didanai oleh pemerintahdaerah. Dalam pelaksanaan jaminan kesehatan ini bekerja sama dengan PT Askes. Dinaskesehatan bertugas untuk membayarkan premi atau iuran tetap ke PT Askes danselanjutnya PT Askes yang melakukan pembayaran atas klaim dari Pemberi PelayananKesehatan yaitu rumah sakit dan puskesmas. Penelitian ini menggunakan analisisdeskriptif kualitatif yang berkaitan dengan proses, kendala dan harapan masyarakat.Data diperoleh dari pengamatan, wawancara dan kuesioner kepada petugas pelayanankesehatan maupun masyarakat penerima Jamkesda. Hasil yang diperoleh diketahuibahwa proses pelayanan dan proses pendanaan sudah dilakukan dengan baik. Namundiketemukan kendala dalam pendataan kepesertaan dari instansi Dinas Kesehatan dankendala pengarsipan di UPT puskesmas. Disamping kendala diatas dalam prosespelayanan diperoleh pendapat bahwa masyarakat menyatakan puas akan pelayanan yangdiberikan, namun masyarakat berharap adanya perbaikan sistem pelayanan dari manualmenggunakan berkas-berkas persyaratan yang harus digandakan menjadi kartukepesertaan.
Copyrights © 2013