JSME MIPA UNIMA
Vol 5, No 1 (2017): Jurusan Biologi

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN RETENSI SISWA DI SMA N I LANGOWAN

Tumeak, Bil (Unknown)
Sasinggala, Meity (Unknown)
Sumampouw, Harry M. (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 May 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji perbedaan hasil belajar dan retensi peserta didik pada materi Ekosistem dengan penerapan model pembelajaran Discovery Learning dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan menggunakan 2 kelas yaitu kelas Xa jumlah 25 peserta didik sebagai kelas eksperimen dan kelas Xe jumlah 25 peserta didik sebagai kelas kontrol.Rancangan penelitian adalah rancangan eksperimen yang menggunakan Two Group-randomized Pretest-Posttest control design. Data dianalisis dengan dengan menggunakan uji Z pada taraf signifikansi 0,05 dan diperoleh hasil penelitian Zhitung< ZTabel atau -5.8432163< -1,1959964 dan signifikan 5.12-09< 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar dan retensi peserta didik antara kelas eksperimen dibandingkan kelas kontrol. . Kata kunci :Discovery Learning, Hasil Belajar, Retensi, Biologi

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jsme

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian skripsi dan atau hasil penelitian dosen di lingkungan FMIPA Unima. Nama-nama penulis dalam artikel hasil penelitian skripsi terdiri dari mahasiswa, pembimbing I, dan pembimbing II. Lingkup substansi meliputi: 1) Ilmu-ilmu eksakta yakni: Matematika, Biologi, ...