Bahasa, Sastra, Pembelajaran
Vol 3, No 1 (2015): Februari 2015

Kategori Fatis dalam Bahasa Melayu Kampar Kiri Kabupaten Kampar

Gerry Thaufik (Unknown)
Hasnah Faizah (Unknown)
Ermanto . (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan melestarikan dan mengembangkan bahasa Melayu Kampar KiriPenelitian tentang kategori fatis ini adalah penelitian kualitatif  dengan menggunakan metode deskriftif. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Kuntu Darussalam Kampar Kiri, Kabupaten Kampar. Dari ibu kota provinsi Riau Pekanbaru berjarak lebih kurang150 km. Hasil penelitian yang ditemukan adalah sebagai berikut;(1) Dari segi bentuk ditemukan lima jenis kategori fatis, fatis (lah, kan, tio, tie), kategori kata fatis (a, la, ah, alah, gai, ciek, dek, do, lo, de, ha, he, ka, ma, malah, ko, nyo, nye, liok, ko, oi, tu, tuh, yo, e, garan, doi), kategori frasa fatis (assalamu’alaikum, wa’alaikumsalam, insyaallah, alhamdulilah, yarhakumullah, syukurlah, syukur alhamdulilah), kategori paduan fatis (do..ah, do..ha, ko..a, ko..ha, tu..ha, ko..mah, tuh..mah, ciek..ko),  dan kategori gabungan fatis (a..do, do..a, ha..lai, mah..do, do..mah, gai..do). Dari segi makna kategori fatis di dalam bahasa Melayu Riau Dialek Kampar Kiri pada umumnya menyatakan paksaan halus, bantahan, penolakan, kekesalan, kegemasan, keheranan, ketidakpedulian, dan sebagai basa-basi belaka.Dari segi distribusi kategori fatis dalam Bahasa Melayu Riau Dialek Kampar Kiri dapat menduduki posisi diawal, di tengah dan di akhir. Serta dari fungsi kategori fatis dalam Bahasa Melayu Riau Dialek Kampar Kiri pada umumnya berfungsi untuk bertugas memulai, mengakhiri, mematahkan dalam pembicaraan, pembuktian dalam pembicaran, mengukuhkan pembicaraan, menegaskan dalam pembicaraan, serta menyakinkan dalam pembicaraan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

bsp

Publisher

Subject

Description

BSP: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran is open-access peer-reviewed online journal which provides a forum for the full range of scholarly study of the languages, literarture, and arts education. The editors welcome articles and research reports addressing the innovation and development in ...