Jurnal Manajemen Teknologi
Vol 13, No 1 (2014)

Sistem Organisasi Kognitif dan Afektif dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Apotek di Surabaya: Efek Moderasi Orientasi Kewirausahaan

Sukoco, Badri Munir (Department of Management, Airlangga University)
Viciana, Vindi (Program Magister Manajemen, Universitas Airlangga)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2014

Abstract

Abstract: Apothecary is a highly regulated and competitive industry due to less differentiation and high density in certain areas. Interestingly, the performance of apothecaries is heterogeneous; and based on market orientation perspective we argue that the condition exists due to different level on responding competitors’ actions as well as customers’ needs. Further, we argue that managers’ entrepreneurial orientation can strengthen these relationships. The mechanism of how can apothecaries develop their responsiveness to competitors and customers also is investigated. We distributed questionnaires among apopthecary managers in Surabaya and generated 131 responses. By using PLS, the results indicate that responsiveness to competitors positively influence on their performance, while responsiveness to customers is not. The moderating effect of entrepreneurial orientation is also not confirmed. Responsiveness to competitors is highly determined by cognitive and affective organizational system, while responsiveness to customers mainly determined by affective organizational system. Managerial and academic implications are further discussed in this paper.Keywords: Cognitive Organization System, Affective Organization System, Responsiveness to Competitors, Responsiveness to Customers, Performance, and Drugstore   Abstrak. Apotek merupakan industry yang sangat diatur oleh pemerintah dengan tingkat persaingan yang tinggi karena diferensiasi yang ditawarkan rendah dan densitas yang cukup tinggi di beberapa area. Menariknya, kondisi tersebut juga membuat kinerja apotek beragam; sehingga dengan menggunakan perspektif orientasi pasar, penelitian ini berargumentasi bahwa responsifitas pengelola apotek akan tindakan pesaing maupun kebutuhan pelanggan dapat membedakan kinerjanya. Riset ini juga berargumentasi bahwa orientasi kewirausahaan yang dimiliki pengelola akan menguatkan pengaruh tersebut. Mekanisme tentang bagaimana perusahaan membentuk responsifitas terhadap pesaing maupun pelanggan juga diinvestigasi. Riset ini mendistribusikan survei kepada pengelola apotek di Surabaya dengan respon sebanyak 131 responden. Menggunakan PLS, hasil penelitian menunjukkan bahwa responsifitas terhadap tindakan pesaing berpengaruh terhadap kinerja apotek, sedangkan responsifitas terhadap pelanggan tidak signifikan. Efek moderasi orientasi kewirausahaan yang dihipotesiskan juga tidak terbukti. Responsifitas terhadap pesaing dipengaruhi sama kuatnya oleh sistem organisasi yang kognitif dan afektif, sedangkan responsifitas terhadap pelanggan lebih dipengaruhi oleh sistem organisasi yang afektif. Implikasi manajerial dan akademis disajikan lebih lanjut dalam penelitian ini. Kata kunci: Sistem Organisasi Kognitif, Sistem Organisasi Afektif, Responsifitas pada Pesaing, Responsifitas pada Pelanggan, Kinerja, dan Apotek 

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

mantek

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Jurnal Manajemen Teknologi merupakan salah satu publikasi ilmiah yg diterbitkan oleh SBM ITB, dalam kerangka untuk mendorong pengembangan praktik dan teori manajemen di Indonesia melalui penyebarluasan temuan-temuan hasil riset di bidang sains dan kasus manajemen. Jurnal ini dikenal secara luas ...