Jurnal Cakrawala Kependidikan
Vol 7, No 1 (2009): JCK Maret 2009

FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN PENDIDIKAN BAHASA

., Ikhsanudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2012

Abstract

Pumpunan (fokus) penelitian ini adalah kandungan pemikiran filsafat progresivisme dalam pendidikan bahasa atau pengajaran bahasa pada abad dua puluh. Penelitian dimaksudkan untuk mengeksplorasi seberapa besar pengaruh pemikiran tersebut terhadap teori-teori dan praktik-praktik pendidikan bahasa pada abad dua puluh. Melalui penelitian historis, ditemukan bahwa pada abad dua puluh terdapat kecenderungan adanya kandungan pemikiran progresivisme terhadap teori-teori dan praktik-praktik pendidikan dan pengajaran bahasa yang semakin tinggi dari waktu ke waktu, dengan sedikit pengecualian. Kata Kunci: progresivisme, pengajaran bahasa, linguistik terapan

Copyrights © 2009