Jurnal Cakrawala Kependidikan
Vol 8, No 1 (2010): JCK Maret 2010

MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI VERBAL DAN NONVERBAL BERDASARKAN NILAI NORMA SOSIAL MELALUI PEER INTERACTION

Apriliaswati, Rahayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Mar 2012

Abstract

Krisis pada aspek sosial cukup memprihatinkan. Rendahnya nilai-nilai sosial seperti kurangnya loyalitas/ pengabdian, kurang disiplin, kurang empati terhadap masalah sosial, kurang efektif berkomunikasi adalah sebagian besar penyebabnya. Hal itu menunjukkan adanya permasalahan pribadi dan sosial di kalangan masyarakat baik yang berpendidikan tinggi maupun rendah. Sikap-sikap individualistis, egoistis, acuh tak acuh, kurangnya rasa tanggung jawab, malas berkomunikasi dan berinteraksi atau rendahnya empati merupakan fenomena yang menunjukkan adanya kehampaan nilai sosial dan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Sesungguhnya dalam menghadapi kondisi yang demikian, pendidikan dapat memberikan kontribusi yang cukup besar. Pendidikan dapat memberikan kontribuasi dalam mengatasi masalah komunikasi dan masalah sosial. Strategi Peer interaction di kelas memiliki kelebihan dibandingkan dengan strategi pembelajaran biasa yaitu penguasaan: keterampilan sosial dan komunikasi.Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, nilai sosial, norma social

Copyrights © 2010