Jurnal Ilmiah Admnistrasi Niaga
Vol. 15 No. 1 (2016): Jurnal Orasi Bisnis Mei 2016

STRATEGI MARKETING COMMUNICATIONS PT. PELNI CABANG SURABAYA DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS MELALUI EVENT TOUR LET’S GO TO

Achmad Sholihin (STIE YAPAN Surabaya, Program Studi Manajemen)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2016

Abstract

Penelitian ini memberikan deskripsi mengenai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh PT. PELNI Cabang Surabaya dalam membangun brand awareness melalui event  ”Tour Let’s Go To”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Dalam melakukan teknik pengumpulan data, peneliti melakukan wawancara mendalam, observasi pada saat event dan data-data lain (dokumentasi, data dari PT. PELNI Cabang Surabaya). Peneliti menemukan bahwa PT. PELNI Cabang Surabaya telah melakukan delapan tahapan strategi komunikasi pemasaran yang efektif, yakni mengidentifikasi audiens sasaran, menentukan tujuan komunikasi, merancang pesan, memilih saluran komunikasi, menentukan total anggaran komunikasi, menetapkan bauran promosi, mengukur hasil promosi, serta mengelola dan mengkoordinasikan proses komunikasi pemasaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya melakukan riset secara terstruktur dalam mengukur hasil promosi. Selain itu, evaluasi event juga dilakukan secara formal setelah pelaksanaan program wisata bahari. Dalam hal ini, evaluasi menjadi poin penting bagi divisi Pemasaran dan Penjualan Jasa PT. PELNI Cabang Surabaya untuk dijadikan acuan bagi perbaikan event ”Tour Let’s Go To” yang akan dilaksanakan di tujuan wisata berikutnya.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

admniaga

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Orasi Bisnis merupakan jurnal ilmiah untuk bidang Administrasi Bisnis yang diterbitkan oleh Jurusan administrasi Bisnis Politeknik Negeri Sriwijaya, Terbit dua edisi bulan Mei dan Bulan Nopember setiap ...