BHIRAWA
Vol 4, No 1 (2017): Desember

PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DENGAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PELANGGAN SEPEDA MOTOR MATIC HONDA DI SURAKARTA)

Nunuk Herawati (STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta)
Nur Qomariyah (STIE Adi Unggul Bhirawa Surakarta)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2017

Abstract

This research aims to know and analyze empirically the influence of Product, Price, Promotion, Place to Customer Satisfaction Motorcycle Matic Honda in Surakarta, to know and analyze empirically influence Product, Price, Promotion, Place Honda in Surakarta, Customer Satisfaction to Customer Loyalty Motor Matic Honda in Surakarta. Population in this research is consumer matic Honda motorcycle that make purchasing more than one time in Surakarta region. Data used primary data collected through the distribution of questionnaires to customers. The data obtained were tested by using validity test, reliability, path analysis, t test, F test, R2 test, Correlation Test. The result of t test shows that Product Variable, Price, Promotion, Place have a significant effect to Customer Satisfaction of Motorcycle Matic Honda in Surakarta, Product Variable, Price, Promotion, Place, Customer Satisfaction have significant influence to Customer Loyalty Motor Matic Honda in Surakarta . The result of F test shows that together the variable of Product, Price, Promotion, Place, Customer Satisfaction have a significant effect to Customer Loyalty of Motorcycle Matic Honda in Surakarta. Test result R2 shows total R2 equal to 0,583 or 58,34%, meaning model with this equation variable independent (Product, Price, Promotion, Place, Customer Satisfaction) able to explain dependent variable (Customer Loyalty) equal to 58,3% rest 41,7% explained by other variable outside model like: emotional bond, Trust, Ease of transaction, Service. The result of path analysis shows that Customer Satisfaction can be used as intervening variable on Price relationship to Customer Loyalty. While Customer Satisfaction can not be made as intervening variable on the relationship of Product, Promotion, Place to Customer Loyalty.Keywords: Product, Price, Promotion, Place, Customer Satisfaction, Customer Loyalty Penelitian  ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris pengaruhProduk, Harga, Promosi, Tempat terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta, untuk mengetahui dan menganalisis secara empiris pengaruhProduk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta.Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen sepeda motor matic Honda yang melakukan pembelian lebih dari satu kali di wilayah Surakarta. Data yang digunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan .Data yang diperoleh diuji dengan menggunakan uji validitas, reliabilitas, analisa jalur, uji t, uji F, uji R2, Uji Korelasi.Hasil uji t menunjukkan bahwa Variabel Produk, Harga, Promosi, Tempatberpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta,Variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta.Hasil uji F menunjukkan bahwa secara bersama-sama variabel Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan Sepeda Motor Matic Honda di Surakarta.Hasil uji R2 menunjukkan  total R2 sebesar  0,583 atau 5834%, artinya model dengan persamaan ini variable independen (Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan ) mampu menjelaskan variable dependen (Loyalitas Pelanggan) sebesar 58,3% sisanya sebesar 41,7% dijelaskan oleh variable lain di luar model seperti : ikatan emosi, Kepercayaan, Kemudahan transaksi, Pelayanan.Hasil analisa jalur menunjukkan  bahwa Kepuasan Pelanggan dapat dijadikan sebagai variable intervening pada hubungan Harga terhadap Loyalitas pelanggan. Sedangkan Kepuasan Pelanggan tidak dapat dijadikan sebagai variable intervening pada hubungan Produk,Promosi, Tempat terhadap Loyalitas pelanggan.Kata kunci :Produk, Harga, Promosi, Tempat, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

bhirawa

Publisher

Subject

Education

Description

Terbitan Berkala Ilmiah (BHIRAWA) diterbitkan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (P3M) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta, dimaksudkan sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara staf pengajar, alumni, mahasiswa, dan masyarakat pada umumnya, terbit sesuai ...