Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi integrasi PBL dengan pembelajaran kooperatif Jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen semu dengan pretest-postest nonequivalent control group design pola faktorial 2 x 2. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa baru yang tersebar pada 4 program studi yaitu program studi Biologi, pendidikan Biologi, Kimia, dan pendidikan Kimia FMIPA UNM semester ganjil tahun akademik 2011/2012. Sampel penelitian dipilih 2 kelas yaitu program studi Pendidikan Kimia (N=36) sebagai kelas eksperimen sedang program studi Biologi (N=30) sebagai kelas pembanding (konvensional). Keterampilan berpikir kritis yang diukur meliputi interpretasi (interpretation), analisis (analysis), evaluasi (evaluation), inferensi (inference), penjelasan (explanation), dan self-regulation. Data penelitian dikumpulkan dengan pemberian tes sebelum dan setelah perkuliahan dan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis mahasiswa, sehingga strategi integrasi PBL+Jigsaw lebih berpotensi meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dibanding strategi pembelajaran konvensional.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2012