bionature
Vol 15, No 2 (2014): Oktober

Manual Laboratorium untuk Mendukung Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Matakuliah Struktur Hewan

., Faisal (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Oct 2014

Abstract

Mengubah kegiatan praktikum ke dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing, bertujuan untuk melatih dan mengembangkan keterampilan metode ilmiah dan keterampilan proses sains bagi mahasiswa. Selama pembelajaran inkuiri terbimbing, mahasiswa menggunakan manual laboratorium sebagai pedoman untuk melakukan aktivitas pengumpulan data. Prosedur kerja pada manual laboratorium, menguraikan secara jelas dan lengkap tahapan kegiatan membedah, mengamati, dan mengidentifikasi organ-organ tubuh, pada spesies tertentu yang mewakili lima kelas dari filum vertebrata. Pada tahap akhir pembelajaran, mahasiswa mengorganisasikan data yang telah mereka peroleh dan mengkomunikasikannya dalam bentuk laporan ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar kognitif, kuesioner respon mahasiswa terhadap manual laboratorium dan kegiatan pembelajaran, serta dokumentasi dalam bentuk laporan ilmiah. Berdasarkan data hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa manual laboratorium memudahkan mahasiswa dalam aktivitas pengumpulan data. Pembelajaran ikuiri terbimbing juga mendapat respon yang baik dari mahasiswa dan membantu mereka dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

bionature

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Education Immunology & microbiology Medicine & Pharmacology Public Health Veterinary

Description

BIONATURE adalah jurnal yang berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian, gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori di bidang biologi. Diterbitkan dua kali setahun pada bulan april dan oktober oleh Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri ...