Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 13, No 2 (2012)

Penerapan Metode Tutor Sebaya pada Mata Pelajaran Kimia untuk Meningkatkan Self-Efficacy Siswa Kelas XII Pertanian SMKN 1 Watang Pulu Sidrap

Hasnawati Nurdin (Guru SMK Neg 1 Watang Pulu Sidrap)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, yang bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan metode tutor sebaya yang dapat peningkatan self-efficacy, dengan obyek penelitian siswa kelas XII Pertanian SMKN 1 Watang Pulu dengan jumlah siswa 15 laki-laki dan 10 perempuan. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 siklus, siklus I dengan empat kali tindakan atau pertemuan pembelajaran dan siklus II dengan tiga tindakan. Hasil analisis  data dilakukan dengan observasi, pemberian angket dan tes hasil belajar. Menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya untuk meningkatkan self-efficacy sebaiknya memperhatikan jumlah anggota dalam satu kelompok, memperhatikan jumlah tutor dan anggotanya, memperhatikan pengaturan tempat duduk dalam satu kelompok. Kata kunci: metode tutor sebaya, self-efficacy ABSTRACTThis study is classroom action research to determine the steps of implementing peer teaching that can increase self-efficacy, with the object of research was class XII Agriculture SMKN 1 Watang Pulu by the number of students 15 men and 10 women. This class action research concist of two cycles, the first cycle was four meetings and the second cylcle was three meetings. The results of the data analysis was done by observation, questionnaires and achievement test. Menunjukkan bahwa dalam pembelajaran dengan menerapkan metode tutor sebaya untuk meningkatkan self-efficacy sebaiknya memperhatikan jumlah anggota dalam satu kelompok, memperhatikan jumlah tutor dan anggotanya, memperhatikan pengaturan tempat duduk dalam satu kelompok.It showed that peer teaching method to increase self-efficacy should be consider the number of members in a group, the number of tutors and the arrangement of seats in a group. Keywords: peer teaching method, self-efficacy

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...