Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 20, No 1 (2019)

Pengaruh Model Pembelajaran SAVI terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IPA MAN 1 Makassar Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid

Ita Purnamasari Z (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Anwar Anwar (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Iwan Iwan (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran SAVI dan model pembelajaran langsung serta variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN 1 Makassar pada materi pokok sistem koloid. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA MAN 1 Makassar yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing siswa sebanyak 24 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi pokok sistem koloid berupa post-test. Berdasarkan hasil analisis data Deskriptif diperoleh nilai rata rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 78,75 (SD = 9,90 ) sedangkan kelas kontrol 70,75 (SD = 9,84) dan hasil analisis statistika inferensial diperoleh thitung (3,54) > ttabel (1,682) pada ???? ═ 0,05. Disimpulkan bahwa model pembelajaran berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI IPA MAN Makassar studi pada materi pokok sistem koloid. Kata kunci: SAVI , pembelajaran langsung, koloid ABSTRACT The research was a quasi-experimental that aimed to know effect of SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intelctually) learning model to towards student’s achievement of class XI IPA MAN 1 Makassar. The independent variable in this research was SAVI learning model in experiment class and direct learning in control class and the dependent variable is the student achievement in class XI IPA MAN 1 Makassar study on colloid system. The population was class XI IPA MAN 1 Makassar which consists of 4 classes. The sample consisted of two classes, namely XI IPA 1 as an experimental and XI IPA 2 as the control with sum each as many 24 students. The data was obtained by using student achievement test on koloid system subject matter as posttest. Based on the descriptive data analysis the average values of student achievement class was 78,75 (SD = 9,90) while the control class was 70,75 (SD = 9,84) and inferential statistical analysis show that tcalculate (3,54) > ttable (1,682) on the α ═ 0.05. It was concluded that SAVI (Somatic, Auditory, Visualization and Intelctually) Learning Model had effect to student achievement in class XI IPA MAN 1 Makassar in koloid system subject matter. Keywords: SAVI, direct learning, colloid

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...