Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia
Vol 1, No 1 (2018)

Pendidikan Sejarah dan Karakter Bangsa Sebuah Pengantar Dialog

Hariyono Hariyono (Badan Pembinaan Ideologi Pancasila)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Pembelajaran sejarah memiliki arti yang penting dalam penguatan pendidikan karakter. Melalui pembelajaran sejarah, keberadaan karakter ideal perlu di“reinterpretasi” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara agar sesuai dengan kebutuhan zaman. Oleh karenanya diperlukan cara pandang baru dari pendidik agar bisa membelajarkan sejarah dan menanamkan karakter sesuai dengan perkembangan zaman. Pendidik perlu memosisikan diri sebagai inspirator, motivator, dan role model dalam pembelajaran sejarah. Pendidik yang demikian akan mampu mengajak peserta didik untuk belajar dari dari lintas jaman dan area. Keteladanan dapat diambil dari kerelaan dan kesahajaan generasi sebelum kita dan atau  kehidupan yang dipraktekkan di negara lain. Hal ini dimaksudkan agar pembentukan karakter bangsa tidak bersifat eksklusif.DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um033v1i12018001

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia (JPSI) publish original research papers, conceptual articles, review articles and case studies. The whole spectrum of history learning and history education, which includes, but is not limited to education systems, institutions, theories, themes, curriculum, ...