Jurnal Edukasi Sumba (JES)
Vol. 1 No. 1 (2017)

KONTRIBUSI MENDIAGNOSIS KESULITAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Heronimus Delu Pingge (STKIP Weetebula)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan hasil belajar siswa di kecamatan Kota Tambolaka, NTT. Penelitian ini adalah penelitian ex post facto. Populasi penelitian 241 orang guru. Sampel sejumlah 148 orang dengan teknik sampel quota. Pengumpulan data menggunakan metode kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik regresi linear sederhana.Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan positif dan signifikan antara kompetensi guru sekolah dasar dalam mendiagnosis kesulitan belajar siswa dengan hasil belajar siswa (p lebih kecil dari 0,05; R2:24,8%,).Kata kunci : diagnosis kesulitan belajar, hasil belajar

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jes

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Edukasi Sumba (JES) merupakan jurnal ilmiah yang mulai diterbitkan pada tahun 2017 dan menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian di bidang pendidikan secara umum yang mencakup Penelitian Tindakan Kelas (PTK), pengembangan model dan teknologi pembelajaran, analisis pendidikan baik pada ...