Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Vol. 14 No. 2 (2010)

Penyetaraan Vertikel Model Kredit Parsial Soal Matematika SMP

Sugeng, Sugeng (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jan 2013

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan menemukan ukuran sampel minimum, pengaruh panjang tes, panjang tes anchor minimum, dan metode penyetaraan tes dalam penyetaraan vertikal model kredit parsial soal Matematika SMP menggunakan common-item nonequivalent groups design. Pembangkitan data melibatkan variasi peringkat kelas terhadap ukuran sampel (300; 600; 1000), panjang tes (10; 20), dan distribusi kemampuan (N(0,1), N(1,1)) sebanyak 50 replikasi menggunakan Program WinGen2. Penyetaraan vertikal melibatkan (a) panjang tes anchor 2, 3, 4, 5, dan 8 butir (panjang tes 20 butir); dan (b) panjang tes anchor 2, 3, 4, dan 5 butir (panjang tes 10 butir). Kriteria pengujian keakuratan penyetaraan menggunakan RMSD dan RMSE. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penyetaraan vertikal pada sampel 300 memiliki rata-rata RMSD dan RMSE cukup kecil untuk semua situasi; (2) Keakuratan penyetaraan meningkat seiring meningkatnya panjang tes; (3) Dengan rentang panjang tes anchor 25% sampai 30% untuk butir politomus, penyetaraan vertikal model kredit parsial memerlukan panjang tes anchor minimum 5 untuk panjang tes 20 butir dan 3 untuk panjang tes 10 butir; dan (4) Metode Mean/Mean cenderung lebih akurat, dalam penyetaraan vertikal IRT butir tes Matematika model kredit parsial diikuti Stocking-Lord, Mean/Sigma, dan Haebara.Kata kunci:      penyetaraan vertikal, model kredit parsial, tes anchor, kalibrasi, RMSD, RMSE

Copyrights © 2010






Journal Info

Abbrev

HEPI

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education

Description

Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan memuat dan menyebarluaskan hasil-hasil penelitian pendidikan dosen, dan penelitian disertasi mahasiswa S3 dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Hasil-hasil penelitian yang disampaikan pada jurnal ini tidak terbatas pada bidang evaluasi pendidikan ...