JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 6 No. 1 (2013): Maret-Mei

PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA KULIAH ANTROPOLOGI MASYARAKAT INDONESIA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN KREATIF KRITIS

Widyaningsih, Widyaningsih (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Hasil yang dicapai dari penelitian Anthropologi Masyarakat Indonesia adalah, 1) peningkatan proses pembelajaran pada subjek ini telah memotivasi mahasiswa dalam berargumentasi, menganalisa, menemukan permasalahan serta mencari solusi yang te-pat, dan 2) sebagai hasil pembelajaran, pemahaman dan wawasan mahasiswa mengenai kehidupan sosial budaya masyarakat menjadi lebih baik. Mahasiswa juga dapat melihat secara langsung keanekaragaman budaya dan masyarakat (multikultural) Indonesia dan juga orang-orang yang memerlukan perhatian setius. Pembelajaran kreatif-kritis tetap perlu untuk diimplementasikan pada subjek pembelajaran yang lain.   Kata kunci: pembelajaran Antropologi Masyarakat Indonesia, pembelajaran kreatif-kritis, ke-hidupan sosial budaya

Copyrights © 2013