JURNAL PENELITIAN ILMU PENDIDIKAN
Vol. 6 No. 1 (2013): Maret-Mei

MODEL PENGEMBANGAN PROFESIONALISME PENILIK PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Hiryanto, Nur Djazifah ER, (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan profesionalisme dan kinerja serta model yang perlu dikembangkan untuk peningkatan kualitas penilik sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah seluruh penilik PLS di Kabupaten Gunungkidul sebanyak 15 orang. Hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, profesionalisme Penilik PLS di Kabupaten Gunungkidul belum sesuai dengan standar yang dipersyaratkan bagi jabatan Penilik PLS. Kegiatan penilikan program PLS terhadap input, proses, output masih kurang memenuhi persyaratan mutu dan belum sesuai dengan prosedur pelaksanaan penilikan. Kedua, kebutuhan peningkatan profesionalisme Penilik PLS berdasarkan kemampuan dasar yang harus dimiliki yaitu pelatihan berbasis kompetensi dengan materi atau prioritas kebutuhan belajar.   Kata kunci: profesionalisme, penilik sekolah, kinerja

Copyrights © 2013