JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 13, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Khusus

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG PADA ANAK TUNARUNGU KELAS TKLB DI SLB NEGERI 1 KULON PROGO

Nonie Intan Pertiwi (Unknown)
Suparno Suparno (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara denganmenggunakan media wayang pada anak tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan modelpenelitian dari Kemmis dan McTaggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek dalampenelitian ini adalah 5 orang siswa tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo. Teknikpengumpulan data menggunakan instrumen tes dan lembar observasi. Teknik analisis data yangdigunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan adanyapeningkatan pada keberanian berbicara, kejelasan anak dalam mengucapkan kata atau kalimat,kemampuan pengembangan kosakata, pembentukan kalimat, kelancaran berbicara, sertakeaktifan anak dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Proses pelaksanaan dilakukan denganguru menunjukkan media wayang disertai penjelasan, dilanjutkan dengan pertanyaan tentangbinatang yang terdapat pada media wayang. Selanjutnya anak diminta untuk berbicara danmengungkapkan gagasannya. Peningkatan kemampuan berbicara dibuktikan dari adanyapeningkatan nilai subjek. NA dengan nilai awal 46,67 meningkat menjadi 60,5 (siklus I) dan 85(siklus II). ND dengan nilai awal 36,67 meningkat menjadi 50 (siklus I) dan 76,66 (siklus II). TSdengan nilai awal 50 meningkat menjadi 63,17 (siklus I) dan 85 (siklus II). RE dengan nilai awal46,67 meningkat menjadi 61 (siklus I) dan 85 (siklus II). AD dengan nilai awal 40 meningkatmenjadi 51,67 (siklus I) dan 80 (siklus II). Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapatdisimpulkan bahwa penggunaan media wayang dapat meningkatkan kemampuan berbicara padaanak tunarungu kelas TKLB di SLB Negeri 1 Kulon Progo.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...