JPK (Jurnal Pendidikan Khusus)
Vol 2, No 2 (2006): Jurnal Pendidikan Khusus

Implementasi pembelajaran Tematik bagi Anak Berkelainan

Mujimin Mujimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2012

Abstract

Diberlakukannya kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP) mulai tahun 2006 mendorong pelaksanaan pembelajaran di SDLB kelas I, II, dan III, serta SLB Tunagrahita tingkat dasar maupun tingkat lanjut untuk menggunakan pendekatan pembelajaran tematik.Implementasi pembelajaran tematik siswa tidak langsung diberi materi berdasarkan per mata pelajaran tetapi materi diberikan secara terpadu dengan menggunakan tema untuk mengaitkan beberapa mata pelajaran, dengan tujuan agar dapat memberikan pengalaman yang lebih bermakna kepada siswa. Aneka mata pelajaran disajikan secara integrated yang diikat dengan tema tertentu. Tema pembelajaran diambil dari hal-hal konkret yang ada di sekitar kehidupan siswa seperti keluarga, kegemaran, binatang, tumbuhan dan lain-lainya. Dari tema inilah guru kemudian mengkaitkan dengan materi pelajaran yang relevan guna mencapai kompetensi yang ditargetkan. Ada beberapa keuntungan dengan pembelajaran tematik seperti itu, antara lain: Materi yang dipelajari siswa tidak terpenggal-penggal oleh pergantian jam pelajaran; Pembelajaran berlangsung secara terintegratif; Mudah dipahami anak, karena semua mengalir (seolah dalam satu mata pelajaran saja); dan Mengurangi terjadinya overlapping untuk topik mata pelajaran yang bersinggungan.

Copyrights © 2006






Journal Info

Abbrev

jpk

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) is a multidisciplinary publication presenting primary research and scholarly reviews related to special education. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus) provides research articles and scholarly reviews on special education for individuals with mild to severe disabilities. The ...