Autotech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo
Vol 15, No 02 (2020): Jurnal Autotech

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN PRAKTIK MATA KULIAH PNEUMATIK HIDROLIK DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO

primartadi, aci (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2020

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah merencanakan, membuat, dan mengujikelayakan modul pembelajaran yang benar dan dapat dimengerti, dan dipergunakandalam pembelajaran Pneumatik Hidrolik. Pendekatan penelitian yang dipergunakanyaitu Research and Development yang berlokasi di Program Studi Pendidikan TeknikOtomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam waktu satu tahun. Obyekpenelitian ini berupa pembuatan modul pembelajaran pneumatik hidrolik denganpendekatan saintifik dalam mata kuliah pneumatik hidrolik.Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket, metode yang digunakanuntuk menganalisis data adalah teknik analisis kuantitatif. Langkah-langkah dalampenelitian ini terdiri dari: (a) analisis awal, (b) pengembangan modul pembelajaran, (c)pengembangan desain produk, (d) evaluasi produk, (e) implementasi dan evaluasi akhir.Proses validasi dilakukan oleh satu orang ahli materi pneumatik hidrolik dan satu orangahli media modul pembelajaran pneumatik hidrolik. Subyek uji coba terdiri dari: delapanorang mahasiswa untuk uji coba kelompok kecil, dan tiga puluh mahasiswa untuk ujicoba kelompok besar. Pengumpulan data menggunakan angket.Hasil penelitian, menunjukkan: 1) prosedur pengembangan modul pembelajaranpneumatik hidrolik dengan pendekatan saintifik meliputi pencarian potensi dan masalah,pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk,pengujian produk, revisi produk dan pemakaian produk. 2) modul pembelajaranpneumatik hidrolik dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan layak digunakansebagai modul pembelajaran mata kuliah pneumatik hidrolik, di UniversitasMuhammadiyah Purworejo. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi yang dilakukanoleh ahli media yang menunjukkan hasil 87.50% dari skor kriterium, validasi oleh dosenahli materi yang menunjukkan hasil 85.00% dari skor kriterium. 3) hasil uji tmembuktikan bahwa modul pembelajaran yang dibuat efektif untuk meningkatkan hasilbelajar (thitung = -5,247 dan p = 0,000) mahasiswa Pendidikan Vokasional TeknikOtomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Hal ini ditunjukkan melalui responmahasiswa yaitu meliputi uji coba kelompok kecil memperoleh 86.50% dan uji cobakelompok besar memperoleh skor 88.00%. Dengan demikian modul pembelajaranpneumatik hidrolik dengan pendekatan saintifik telah berhasil meningkatkan hasilbelajar mahasiswa.Kata Kunci : Modul Pembelajaran, Saintifik, Pneumatic Hidraulik

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

autotext

Publisher

Subject

Automotive Engineering Engineering Mechanical Engineering Social Sciences Other

Description

Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan Teknik Otomotif. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Januari ...