Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan
Vol 1 No 1 Agustus 2013

PENGARUH PENDEKATAN BEYOND CENTERS AND CIRCLE TIME (BCCT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIALISASI SISWA KELOMPOK A PAUD TERPADU NURUL DZIKRI

INDRIATI, NOVA (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2013

Abstract

ABSTRAKKemampuan sosialisasi anak diperoleh dari berbagai kesempatan dan pengalaman dari berinteraksi dengan orang-orang disekelilingnya, dan melalui pendekatan Beyond Centers and Circle Times, anak dirangsang untuk secara aktif melakukan kegiatan bermain sambil belajar bersama teman sebaya. Seluruh kegiatan pembelajaran berfokus pada anak sebagai subyek pembelajar. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT) untuk meningkatkan kemampuan sosialisasi siswa kelompok A PAUD Terpadu Nurul Dzikri. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Kelompok A PAUD Terpadu Nurul Dzikri Yogyakarta melalui teknik random assignment sejumlah 20 siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Statistic Non-Parametric Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan yaitu ada pengaruh kemampuan sosialisasi pada siswa sebelum (pretest) dan sesudah (postest) diberikan pendekatan BCCT dengan nilai Z=-2.812 pada taraf signifikansi nilai 0.005 (p>0.05), dan ada perbedaan yang signifikan antara penggunaan pendekatan BCCT dan penggunaan pendekatan konvesional dalam kemampuan sosialisasi anak dengan nilai0.000 (p<0.05).Kata kunci: Beyond Centers and Circle Times, dan Kemampuan Sosialisasi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

Psikologi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh program Pascasarjana Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, memuat artikel hasil penelitian empiris yang terkait dengan bidang ilmu Psikologi, diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi ...