Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan
Vol 1 No 1 Agustus 2013

PERAN KONSEP DIRI DAN MINAT BELAJAR BIOLOGI TERHADAP PENGUASAAN KONSEP BIOLOGI DENGAN EFIKASI DIRI SEBAGAI VARIABEL MEDIATOR PADA SISWA SMA

Nur R, Adi Saputra (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: peran konsep diri dan minat belajar biologi terhadap penguasaan konsep biologi dengan efikasi diri sebagai variabel mediator pada siswa SMA Negeri 1 Sobang, Kabupaten lebak Banten. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional dengan subyek penelitian 120 siswa kelas X yang berasal 4 kelas. Pengambilan data penelitian melalui skala yaitu skala konsep diri, skala minat belajar biologi, skala penguasaan konsep biologi dan skala efikasi diri siswa. Data dianalisis dengan analisis structural equation modeling (SEM) dan analisis Regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil analisis SEM menunjukkan hubungan konsep diri dengan minat belajar biologi sebesar r=0,684 dan p<0,05 (sangat signifikan); (2) hasil analisis SEM menunjukkan hubungan konsep diri dengan minat belajar biologi sebesar r=0,301 dan p<0,05 (sangat signifikan). (3) variabel efikasi diri sebagai mediator antara konsep diri dengan penguasaan konsep biologi tidak signifikan, hasil analisis β = 0,040 p<0,05. (4) hasil analisis SEM menunjukkan hubungan minat belajar biologi dengan penguasaan konsep biologi sebesar r=0,320 dan p<0,05 (sangat signifikan). (5) variabel efikasi diri sebagai mediator antara minat belajar biologi dengan penguasaan konsep biologi tidak signifikan, hasil analisis β = 0,006 p<0,05. (6) hasil analisis regresi R = 0,785 p<0,05 menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan minat belajar biologi dengan penguasaan konsep biologi jika dianalisis secara simultan. Kesimpulan penilitian ini adalah terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri dan minat belajar biologi. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara konsep diri dan penguasaan konsep biologi. Variabel efikasi diri tidak signifikan memediatori konsep diri dengan penguasaan konsep biologi. Terdapat hubungan positif yang signifikan antara minat belajar biologi dan penguasaan konsep biologi. Variabel efikasi diri tidak signifikan memediatori minat belajar biologi dengan penguasaan konsep biologi.Kata kunci: penguasaan konsep biologi, konsep diri, minat belajar

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

Psikologi

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan adalah jurnal yang diterbitkan oleh program Pascasarjana Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, memuat artikel hasil penelitian empiris yang terkait dengan bidang ilmu Psikologi, diantaranya bidang Psikologi Klinis, Psikologi Perkembangan, Psikologi ...