JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol 8, No 1 (2020): JE VOL 8 NO 1 (2020)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KUALITAS PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT PANCA DAYA SUKSES

Tandiono, Andy (Unknown)
Raymond, Raymond (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Feb 2020

Abstract

Abstrak: Dalam suatu perusahaan, manajemen pemasaran memainkan peran penting dalam mempengaruhi kegiatan perusahaan. Persyaratan perusahaan untuk membawa kesuksesan memaksimalkan penjualan perusahaan. Penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas layanan dan promosi kualitas terhadap kepuasan pelanggan di PT Panca Daya Sukses di kota Batam. PT Panca Daya Sukses adalah layanan penyejuk udara. Populasi yang digunakan adalah 148 pelanggan. Jenis sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui kuesioner. Metode pemrosesan data menggunakan SPSS (Statistik Produk dan Solusi Layanan) versi dua puluh satu. Didukung pada hasil pengujian, dapat dilihat bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kualitas layanan dan kualitas promosi secara simultan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.Kata Kunci: Kualitas Layanan; Kualitas Promosi; Kepuasan Pelanggan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...