Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
Vol 1, No 1 (2013): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling

PENERAPAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK LATIHAN ASERTIF UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI PADA SISWA KELAS VII A2 SMP NEGERI 6 SINGARAJA

Junaheri, Ni Kadek Mina (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan konseling behavioral dengan teknik latihan asertif dapat meningkatkan konsep diri pada siswa yang memiliki konsep diri rendah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 orang siswa kelas VII A2 SMP Negeri 6 Singaraja tahun pelajaran 2012/2013. Untuk memperoleh data, digunakan metode penyebaran kuesioner agar diketahui jumlah anak yang memiliki konsep diri rendah. Penelitian ini dilakukan dua siklus, sedangkan hasil konseling dievaluasi dengan kuesioner konsep diri. Data yang diperoleh diolah dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siklus I diperoleh peningkatan 4 orang siswa yang mencapai kriteria diatas 65% dengan rata-rata peningkatan 19.49%, sedangkan 6 orang siswa masih dibawah kriteria 65%. Pada siklus II, 6 orang siswa yang belum mencapai kriteria 65% pada siklus I, mengalami peningkatan diatas 65% dengan rata-rata peningkatan 13.84% pada siklus II. Dari hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsep diri siswa setelah diberikan konseling behavioral dengan teknik latihan asertif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa konseling behavioral dengan teknik latihan asertif dapat meningkatkan konsep diri siswa.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJBK

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...