Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha
Vol 4, No 1 (2016): Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling

EFEKTIFITAS KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK MODELING DAN TEKNIK DESENSITISASI SISTEMATIS UNTUK MEMINIMALISIR KECEMASAN BERBICARA SISWA KELAS X MIPA 5 SMA NEGERI 2 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

., I Putu Nova Kusuma Putra (Unknown)
., Prof. Dr. Gede Sedanayasa,M.Pd (Unknown)
., Putu Ari Dharmayanti, S.Pd. (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) efektifitas kecemasan berbicara antara siswa yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik modeling dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik modeling, (2) efektifitas kecemasan berbicara antara siswa yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis dengan siswa yang tidak mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis, (3) efektifitas kecemasan berbicara antara siswa yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik modeling dengan siswa yang mendapatkan perlakuan konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Pretest Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 5 yang berjumlah 31 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 18 orang siswa yang memiliki kecemasan berbicara yang tinggi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner kecemasan berbicara. Metode analisis data yang digunakan adalah Independent sampel t-test. Bedasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa (1)Terdapat efektifitas konseling behavioral teknik modeling untuk meminimalisir kecemasan berbicara siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Singaraja, dilihat dari analisis nilai thitung> ttabel (18,344 > 2,571) (2) Terdapat efektifitas konseling behavioral teknik desensitisasi sistematis untuk meminimalisir kecemasan berbicara siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Singaraja., dilihat dari analisis nilai thitung> ttabel (3,164 > 2,571). (3) Terdapat efektifitas konseling behavioral teknik modeling dan teknik desensitisasi sistematis untuk meminimalisir kecemasan berbicara siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Singaraja, dilihat dari analisis H > X2kw (α) (k-1) (18,34 > 5,591).Kata Kunci : Konseling Behavioral, Modeling, Desensitisasi Sistematis, kecemasan Berbicara This research aims to determine: (1) the effectiveness of speaking anxiety among students who receive treatment counseling behavioral modeling techniques and students who do not receive treatment counseling behavioral modeling techniques, (2) the effective speaking anxiety among students who receive treatment behavioral counseling systematic desensitization techniques and students who do not get treatment behavioral counseling systematic desensitization techniques, (3) the effectiveness of speaking anxiety among students who receive treatment counseling behavioral modeling techniques and students who received behavioral counseling treatment systematic desensitization techniques. This research is an experimental study with pretest-posttest control group design. The population was grade X MIPA 5 consist of 31 students. The samples were taken using purposive sampling with total sample of 18 students who have a high speaking anxiety. The process of collecting data in this study using questionnaires speaking anxiety. The method use in data analysis are independent sample t-test. Based on the data analysis, it was found that (1) there are effectiveness of counseling behavioral modeling technique to minimize students’ speaking anxiety in grade X MIPA 5 of SMA N 2 Singaraja, it can be seen on the value of thitung> ttabel (18,344>2,571), (2) there are effectiveness of counseling behavioral systematic desensitization techniques to minimize students’ speaking anxiety in grade X MIPA 5 of SMA N 2 Singaraja, it can be seen on the value of thitung> ttabel (3,164> 2,571), (3) there are effectiveness of counseling behavioral modeling technique and systematic desensitization technique to minimize students’ speaking anxiety in grade X MIPA 5 of SMA N 2 Singaraja, it can be seen on the data analysis H> X2kw (a) (K-1) (18,34 > 5, 591). keyword : counseling behavioral, modeling, systematic desensitization, speaking anxiety

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

JJBK

Publisher

Subject

Humanities Education

Description

Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh jurusan bimbingan konseling pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat dibidang ...