Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peningkatan kosakata bahasa Jepang siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik card sort, dan (2) mendeskripsikan respon siswa dalam pembelajaran bahasa Jepang setelah penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik card sort. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X UPW A SMK Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri 42 orang siswa. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode observasi, tes, dan angket. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik card sort dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Jepang siswa. Pada hasil Pret-Test persentase ketuntasan 19.04% dengan rata-rata nilai 56,19. Pada siklus I, persentase ketuntasan siswa adalah 90.47% dengan rata-rata nilai 79,88. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%, dengan rata-rata nilai 89,28. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif berbantuan teknik card sort tergolong positif. Pada siklus I, rata-rata respon siswa adalah 35,30 dan tergolong positif. Pada siklus II rata-rata respon siswa adalah 36,76 dan tergolong sangat positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa penerapan model pembelajraan kooperatif berbantuan teknik card sort dapat meningkatkan penguasaan kosakata.Kata Kunci : Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Card Sort, Kosakata Bahasa Jepang . ã“ã®ç ”ç©¶ã®ç›®çš„ã¯ã€(1)「カードソートã€ã‚’使用ã™ã‚‹ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—å¦ç¿’法ã«ã‚ˆã‚Šå¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžèªžå½™åŠ›ã®å‘上を知るã“ã¨ã€(2)授æ¥å†…ã§ã“ã®å¦ç¿’法を用ã„ãŸå ´åˆã®å¦ç¿’者ã®å応を明らã‹ã«ã™ã‚‹ã“ã¨ã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã€2015年度シンガラジャ国立第一実æ¥é«˜ç‰å¦æ ¡10年生ã®42åã§ã‚る。ã“ã®ç ”ç©¶ã¯äºŒå‘¨æœŸã«æ¸¡ã‚‹æ•™å®¤å®Ÿè·µæ´»å‹•調査ã§ã‚ã‚‹ã€‚ãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã¯æŽˆæ¥è¦³å¯Ÿã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã«ã‚ˆã‚ŠåŽé›†ã—ã€ãれを定é‡çš„ãŠã‚ˆã³å®šæ€§çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ãŸã€‚ã“ã®ç ”ç©¶ã®çµæžœã€ã€Œã‚«ãƒ¼ãƒ‰ã‚½ãƒ¼ãƒˆã€ã‚’使用ã—ãŸã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—å¦ç¿’法ã¯ã€å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžèªžå½™åŠ›ã‚’å‘上ã•ã›ãŸã€‚ã“ã‚Œã¯ äºˆå‚™ãƒ†ã‚¹ãƒˆã§æ¨™æº–値を超ãˆãŸå‰²åˆã¯19,04ï¼…ã€å¹³å‡ç‚¹ãŒ56,19点ã ã£ãŸã®ã«å¯¾ã—ã€ç¬¬ä¸€å‘¨æœŸçµ‚了時ã§ã¯åŒ90.47ï¼…ã€å¹³å‡ç‚¹ãŒ79,88点ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸçµ‚了時ã§ã¯åŒ100ï¼…, å¹³å‡ç‚¹ãŒ89,28点ã«ä¸Šæ˜‡ã—ãŸã“ã¨ã‹ã‚‰ã„ãˆã‚‹ã€‚ã“ã®å¦ç¿’法を使用ã—ãŸå ´åˆã® å¦ç¿’者ã®å応ã¯è‰¯å¥½ã§ã‚ã£ãŸã€‚第一周期ã§ã¯35,36ãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆãŒè‰¯å¥½ã€ç¬¬äºŒå‘¨æœŸã§ã¯36,76ãƒã‚¤ãƒ³ãƒˆãŒè‰¯å¥½ã®ç¯„ç–‡ã§ã‚ã£ãŸã€‚以上ã®ã“ã¨ã‹ã‚‰ã€ã“ã®ã€Œã‚«ãƒ¼ãƒ‰ã‚½ãƒ¼ãƒˆã€ã‚’使用ã™ã‚‹ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—å¦ç¿’法ã¯ã€å¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžèªžå½™èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã«æœ‰åйã§ã‚ã‚‹ã¨è¨€ãˆã‚‹ã€‚keyword : ã‚ーワード:グループå¦ç¿’法ã€ã‚«ãƒ¼ãƒ‰ã‚½ãƒ¼ãƒˆã€æ—¥æœ¬èªžã®èªžå½™
Copyrights © 2016