Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan dan respon siswa terhadap media audio-visual (Video Marugoto Nihon no Kotoba to Bunka) yang berbasis buzz group dalam meningkatkan kemampuan menyimak percakapan bahasa Jepang pada siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Bahasa SMA Negeri 4 Singaraja, sebanyak 38 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar observasi, tes, wawancara dan kuesioner/angket. Data hasil observasi,wawancara dan kuesioner akan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Sedangkan data hasil tes akan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Dari analisis keseluruhan skor atau hasil tes terhadap kemampuan menyimak percakapan bahasa Jepang, diperoleh skor rata-rata yang mengalami peningkatan yang signifikan mulai dari nilai rata-rata pre test 23,64%, post test I dengan nilai rata-rata 51,47% dan post test II dengan nilai rata-rata mencapai 85,60%. Dari nilai tersebut menunjukkan bahwa dengan penggunaan media dan metode yang digunakan, siswa mengalami peningkatan untuk kemampuan menyimak percakapan bahasa Jepang. Untuk respon siswa terhadap media audio-visual (Video Marugoto Nihon no Kotoba to Bunka) yang berbasis buzz group bisa dikatakan positif. Hal ini dikarenakan hasil dari kuesioner yang diberikan menunjukkan 73,68% yang menyatakan siswa berkonsentrasi pada saat kegiatan menyimak. Selain itu, siswa juga berpendapat dalam kuesioner yang diberikan mengenai media dan metode yaitu 89,47% siswa menyatakan sangat termotivasi dan 84,21% menyatakan sangat bermanfaat.Kata Kunci : media audio-visual, metode diskusi (buzz group),kemampuan menyimak percakapan bahasa Jepang ã“ã® ç ”ç©¶ 㮠目的 ã¯ï¼’ï¼ï¼‘3年度シンガラジャ国立第四高ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹ï¼‘1年生ã®ä¼šè©±è´è§£èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚ã®ãƒã‚ºãƒ»ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—ã«ã‚ˆã‚‹å¦ç¿’ã«ãŠã‘る視è´è¦šæ•™æï¼ˆãƒ“デオã¾ã‚‹ã”ã¨æ—¥æœ¬ã®è¨€è‘‰ã¨æ–‡åŒ–)ã®ä½¿ç”¨åŠ¹æžœãŠã‚ˆã³å¦ç¿’者ã®å応を知るã“ã¨ã§ã‚る。   ã“ã®ç ”ç©¶ã¯æ•™å®¤æ´»å‹•調査ã§ã‚ã‚‹ã€‚ç ”ç©¶ã®å¯¾è±¡ã¯ã‚·ãƒ³ã‚¬ãƒ©ã‚¸ãƒ£å›½ç«‹ç¬¬å››é«˜ç‰å¦æ ¡è¨€èªžã‚³ãƒ¼ã‚¹ï¼‘1年生38åã§ã‚る。調査手段ã¨ã—ã¦ã€è¦–察ã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€ãã—ã¦ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã‚’用ã„ãŸã€‚視察ã€ã‚¤ãƒ³ã‚¿ãƒ“ューã€ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã€ã«ã‚ˆã£ã¦å¾—られãŸãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã¯å®šé‡çš„記述法ã«ã‚ˆã‚Šåˆ†æžã—ã€ãƒ†ã‚¹ãƒˆã®çµæžœãƒ‡ãƒ¼ã‚¿ã¯å®šæ•°çš„記述法ã«ã‚ˆã£ã¦åˆ†æžã—ãŸã€‚ å¦ç¿’者ã®ä¼šè©±è´è§£èƒ½åŠ›ã®ãƒ†ã‚¹ãƒˆå¾—ç‚¹çµæžœã¯äºˆå‚™ãƒ†ã‚¹ãƒˆã§ã¯å¹³å‡ï¼’3ã€ï¼–4%ã§ã‚ã£ãŸã®ã«å¯¾ã—一回目ã®å¾©ç¿’テストã§ã¯ï¼•1ã€ï¼”ï¼—ï¼…ã€äºŒå›žç›®ã®å¾©ç¿’テストã§ã¯ï¼˜ï¼•ã€ï¼–ï¼ï¼…ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã“ã®çµæžœã‹ã‚‰ã€ä»Šå›žä½¿ç”¨ã—ãŸã€è¦–è´è¦šæ•™æãŒå¦ç¿’è€…ã®æ—¥æœ¬èªžä¼šè©±è´è§£èƒ½åŠ›ã‚’é«˜ã‚ã‚‹ãŸã‚有効ã§ã‚りã€äºŒå›žç›®ã®æœ€ä½ŽåŸºæº–点ã¯ï¼—8点ã«ãªã£ãŸã€‚ã¾ãŸã€ãƒã‚¹ãƒ»ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—ã«ã‚ˆã‚‹å¦ç¿’ã«ãŠã‘る視è´è¦šæ•™æï¼ˆãƒ“デオã¾ã‚‹ã”ã¨æ—¥æœ¬ã®è¨€è‘‰ã¨æ–‡åŒ–ï¼‰ã«æ»ã™ã‚‹å¦ç¿’者ã®å応ã¯è‰¯å¥½ã§ã‚ã£ãŸã€‚ã“れã¯ã‚¢ãƒ³ã‚±ãƒ¼ãƒˆã«ã‚ˆã‚‹èª¿æŸ»ã®çµæžœï¼—3ã€ï¼–8%ã®å¦ç¿’者ãŒè´è§£æ´»å‹•を集ä¸ã—ã¦è¡ŒãˆãŸã¨ç”ãˆãŸã“ã¨ã‹ã‚‰ã„ãˆã‚‹ã€‚ãã®ä»–ã€ï¼˜ï¼™ã€ï¼”ï¼—ï¼…ã®å¦ç¿’者ãŒç©æ¥µçš„ã«æŽˆæ¥å‚åŠ ã§ãã€ï¼˜ï¼”,21%ã®å¦ç¿’者ã¯ã“ã®å¦ç¿’方法ãŒã¨ã¦ã‚‚有効ã§ã‚ã£ãŸã¨ç”ãˆãŸã€‚keyword : 視è´è¦šæ•™æã€ãƒã‚¹ãƒ»ã‚°ãƒ«ãƒ¼ãƒ—ã€æ—¥æœ¬èªžä¼šè©±è´è§£èƒ½åŠ›ã€‚
Copyrights © 2015