Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha
Vol 6, No 1 (2018): Februari

Penerapan Model Pembelajaran Problem Based LearningUntuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Mutiara Singaraja Pada Mata Pelajaran PKn

Dewi, N.A. (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas VIII A SMP Mutiara Singaraja melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam proses pembelajaran PKn, dan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas VIII A SMP Mutiara Singaraja melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus dengan rancangan siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, evaluasi/observasi, refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Mutiara Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 30 orang siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, test, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan menggunakan metode deskriftif kualitatif dan deskriftif kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa kelas VIII A SMP Mutiara Singaraja tahun pelajaran 2017/2018 dan terjadi peningkatan hasil belajar siswa yang berada pada kategori baik siswa kelas VIII A SMP Mutiara Singaraja. Kata Kunci: Aktivitas, Hasil Belajar, Problem Based Learning

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JJPP

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat ...