Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran    Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dikelas VIII H SMP Negeri 1 Sukasada tahun    pelajaran 2012/2013 dengan menerapkan model pembelajaraan kooperatif tipe GI    (Group Investigation).    Rancangan Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang    dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan,    observasi/evaluasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP    Negeri 1 Sukasada dengan jumlah 32 siswa yang terdiri dari 15 orang laki-laki dan 17    orang perempuan, dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes,    observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu menggunakan analisis    deskriptif kualitatif dan kuantitatif.    Hasil penelitian ini menujukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I    mencapai 61,3% termasuk ke dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata sebesar    72,70, sedangkan pada siklus II yaitu sebesar 100% termasuk ke dalam kategori tinggi    dengan nilai rata-rata 83,43. Jadi dengan demikian dapat disimpulkan hasil belajar    siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 38,7%. Kendala-    kendala yang dihadapi dalam menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe GI    (Group Investigation) antara lain: (1) Siswa belum terbiasa dengan model    pembelajaran kooperatif tipe GI (Group Investigation), karena model pembelajaran ini    pertama kali diterapkan dalam kelas tersebut jadi dalam penerapannya siswa masih    bingung dan ragu dalam mengemukan pendapatnya, (2) Masih ada kelompok yang    belum mampu menyelesaikan tugas kelompok tepat pada waktunya, , (3) Masih ada    siswa yang ragu dan takut untuk mengemukakan pendapatnya pada saat diskusi    berlangsung, (4) Masih ada kelompok yang belum dapat mempersentasikan hasil    diskusinya. Bagi calon peneliti lain yang ingin meneliti lebih lanjut dengan    menggunakan model pembelajaran yang sama hendaknya mempertimbangkan hal-hal    lain yang dapat mempengaruhi penelitian ini.    Kata-kata kunci : Hasil belajar, dan model pembelajaran kooperatif tipe GI (Group    Invetigation)  Â
Copyrights © 2013