Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pekutatan pada siswa kelas XI IPS 1. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan hasil belajar, (2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran    kooperatif tipe Group Investigation dalam pelajaran PKn, dan (3) Mengetahui kendala-kendala yang mungkin terjadi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation. Prosedur kerja dalam pelaksanaan tindakan    dilakukan melalui empat tahap kegiatan, yakni : perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Empat tahap kegiatan tersebut dilakukan dalam dua siklus.    Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi, (2) tes, dan (3)    angket. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dari rata-rata 73,4 dengan daya serap 73,4%, dan ketuntasan belajar 57,1% pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata 76,1 dengan daya serap 76,1%, dan ketuntasan belajar 82,8% pada siklus II, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat menumbuhkan respon positif siswa dengan rata-rata respon siswa 36,8 pada siklus I, menjadi 38,7 pada siklus II, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam pelajaran PKn mengalami beberapa kendala pada siklus I yaitu terdapat anggota kelompok yang kurang aktif dan ragu dalam mengemukakan pendapat.    Kata kunci : Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar, Respon Positif  Â
Copyrights © 2013