Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha
Vol 1, No 3 (2013): September

PENERAPAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN MENUMBUHKAN RESPON POSITIF SISWA DALAM PELAJARAN PKN

PERTIWI, DWI ANA (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 May 2013

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pekutatan pada siswa kelas XI IPS 1. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Meningkatkan hasil belajar, (2) Mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran     kooperatif tipe  Group Investigation dalam pelajaran PKn, dan (3) Mengetahui kendala-kendala yang  mungkin terjadi dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe  Group Investigation. Prosedur kerja dalam pelaksanaan  tindakan     dilakukan melalui empat tahap kegiatan, yakni : perencanaan, pelaksanaan,  evaluasi, dan refleksi. Empat tahap kegiatan tersebut dilakukan dalam dua siklus.     Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) observasi, (2) tes, dan (3)     angket. Analisis data dengan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar dari rata-rata 73,4 dengan daya serap 73,4%, dan ketuntasan belajar 57,1% pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata 76,1 dengan daya serap 76,1%, dan ketuntasan belajar 82,8% pada siklus II, (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dapat menumbuhkan respon positif siswa dengan rata-rata  respon siswa 36,8 pada  siklus I, menjadi 38,7 pada siklus II, (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation dalam pelajaran PKn mengalami beberapa kendala pada siklus I yaitu terdapat anggota kelompok yang kurang aktif dan ragu dalam mengemukakan pendapat.     Kata kunci : Kooperatif, Group Investigation, Hasil Belajar, Respon Positif    

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

JJPP

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dan hasil pengabdian masyarakat ...