Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha
Vol 6, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Geografi Undiksha

PENGARUH BLENDED LEARNING BERBASIS ROTATION MODEL TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA MA MATHOLIUL ANWAR LAMONGAN

Munzadi, Moh (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2018

Abstract

pencapaian hasil belajar geografi antara sebelum dan sesudahmenggunakan model pembelajaran Blended Learning berbasi RotationModel. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimen denganteknik Non-Equivalent Control Grup Design, metode pengumpulan datamenggunakan metode pencatatan dokumen, kuesioner dan tes, yangselanjutnya dianalisis menggunakan uji beda (t-tes). Penelitian inidilaksanakan di kelas X MA. Matholiul Anwar Simo SungelebakKaranggeneng Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan adaperbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara kelas yang diberikanperlakuan menggunakan model Blended Learning berbasis RotationModel dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Motivasi dikelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol secara meyakinkandengan nilai 𝒕𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 lebih besar dibandingkan nilai 𝒕𝒕𝒂𝒃𝒆𝒍 yaitu 5.1815 >1,674, pada taraf signifikan 5% kemudian Hasil belajar di kelaseksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol secara meyakinkan dengan nilai 𝒕𝒉𝒊𝒕𝒖𝒏𝒈 lebih besardibandingkan nilai 𝒕𝒕𝒂𝒃𝒆𝒍 yaitu 3.8419 > 1,674 pada taraf signifikansi 5%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JJPG

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Jurusan Pendidikan Geografi (JJPG) is a scientific journal that houses research articles and community service in the fields of law and social sciences. This journal can provide a description of the development of science and technology in the field of geography and geography education for ...