pencapaian hasil belajar geografi antara sebelum dan sesudahmenggunakan model pembelajaran Blended Learning berbasi RotationModel. Desain penelitian menggunakan Quasi Eksperimen denganteknik Non-Equivalent Control Grup Design, metode pengumpulan datamenggunakan metode pencatatan dokumen, kuesioner dan tes, yangselanjutnya dianalisis menggunakan uji beda (t-tes). Penelitian inidilaksanakan di kelas X MA. Matholiul Anwar Simo SungelebakKaranggeneng Lamongan. Hasil penelitian menunjukkan adaperbedaan motivasi dan hasil belajar siswa antara kelas yang diberikanperlakuan menggunakan model Blended Learning berbasis RotationModel dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan. Motivasi dikelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol secara meyakinkandengan nilai ð’•ð’‰ð’Šð’•ð’–ð’ð’ˆ lebih besar dibandingkan nilai ð’•ð’•ð’‚ð’ƒð’†ð’ yaitu 5.1815 >1,674, pada taraf signifikan 5% kemudian Hasil belajar di kelaseksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol secara meyakinkan dengan nilai ð’•ð’‰ð’Šð’•ð’–ð’ð’ˆ lebih besardibandingkan nilai ð’•ð’•ð’‚ð’ƒð’†ð’ yaitu 3.8419 > 1,674 pada taraf signifikansi 5%.
Copyrights © 2018