Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha
Vol 11, No 1 (2019)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN METODE TALKING STICK BERBANTUAN QUESTION CARD TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 7 SINGARAJA

Diantini, Luh Risfa (Unknown)
Tripalupi, Lulup Endah (Unknown)
Suwena, Kadek Rai (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card dan tidak menggunakan   model   pembelajaran   kooperatif   dengan   metode   talking   stick berbantuan question card terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Singaraja. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Post-Test  Only Control  Group Desain.  Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D dan kelas VIII E. Objek penelitian adalah aktivitas belajar siswa dan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi. Data dianalisis menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card dan tidak menggunakan model pembelajaran kooperatif dengan metode talking stick berbantuan question card terhadap aktivitas belajar IPS siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Singaraja. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai t sebesar 3,830 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JJPE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha published by Undiksha Press managed by Department of Economic Education Universitas Pendidikan Ganesha in collaboration with Asosiasi Profesi Pendidik Ekonomi Indonesia. A blind peer-reviewed and open access journal published twice a year (June and December). ...