Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Vol 15, No 2 (2018): Edisi Juli 2018

USABILITY TESTING DENGAN ISO/IEC 9126-4 SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA DITINJAU DARI PENGGUNA DOSEN

erawati, ni wayan erna (Unknown)
Arthana, I Ketut Resika (Unknown)
Pradnyana, I Made Ardwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2018

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis tingkat Usability pada SIAK UNDIKSHA khususnya pada SIAK Dosen. Tujuan dari analisis SIAK Dosen yaitu untuk mengetahui pengalaman pengguna dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Selain itu analisis Usability ini dilakukan untuk mengetahui apa saja kemudahan-kemudahan serta kesulitan yang dialami oleh pengguna dalam membantu menyelesaikan tugas.Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Usability Testing dengan menggunakan ISO/IEC 9126-4 yang memiliki tiga atribut yaitu Efektifitas, Efisien serta Kepuasan Pengguna. Untuk menentukan nilai atribut Efektifitas digunakan alat ukur Completion Rate dan Number Off Errors. Untuk menentukan nilai dari atribut Efisiensi digunakan alat ukur Overall Relative Efficiency serta menggunakan teknik Performace Measurement.  Atribut Kepuasan Pengguna menggunakan alat ukur Test Lever Satisfaction dengan menggunakan teknik Concurrent Thing Aloud (CTA) dan  serta menggunakan kuesioner System Usability Scale (SUS). Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh dosen aktif UNDIKSHA. Responden dari penelitian ini berjumlah 20 responden yang digolongkan menjadi 2 kelompok yaitu kelompok responden pemula dan kelopopok responden mahir.            Hasil dari penelitian ini yaitu pada atribut efektifitas diperoleh hasil 86,92% pada responden pemula dan responden mahir 86,92% yang artinya SIAK Undiksha sudah Efektif, pada atribut efisiensi diperoleh hasil pada responden pemula sebesar 87.29776% dan kelompok responden mahir yaitu sebesar 84.6087% yang artinya SIAK Undiksha sudah efisien. Pada atribut kepuasan pengguna diperoleh hasil 77.1 % yang artiya responden Puas dalam mengerjakan tugas pada SIAK UNDIKSHA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPTK

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK) is a journal managed by the Faculty of Engineering and Vocational, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha). The scope of this journal covers the fields of Education, Electrical Engineering, Informatics, Computer Science, Information System, ...