KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol 2, No 8 (2013)

Studi Komparasi Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dengan Model Pembelajaran Drill Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar TIK

Pande Dwika Liona, Ni Kadek (Unknown)
Mahendra Darmawiguna, I Gede (Unknown)
Windu Antara Kesiman, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2013

Abstract

Tujuan penelitian ini untukmengetahui (1) perbedaan pengaruhpenggunaan model pembelajaran ReciprocalTeaching dengan model pembelajaran Drillterhadap aktivitas belajar TIK (2) perbedaanpengaruh penggunaan model pembelajaranReciprocal Teaching dengan modelpembelajaran Drill terhadap hasil belajar TIK.Jenis penelitian ini adalah eksperimensemu (quasi experiment) dengan rancanganpenelitian Posttest Only Control Grup Design.Populasi penelitian ini adalah seluruh siswakelas VIII SMP Negeri 3 Selat tahun ajaran2012/2013. Sebagai sampel dalam penelitianini adalah kelas VIII B dan VIII C yangberjumlah 55 orang. Kelas VIII B digunakansebagai kelas eksperimen pertama denganmodel pembelajaran Recipocal Teaching dankelas VIII C sebagai kelas eksperimen keduadengan model pembelajaran Drill.Berdasarkan hasil analisis data yangdiperoleh, uji normalitas dan homogenitasaktivitas belajar kedua kelompok berdistribusinormal dan homogen. Hasil uji hipotesisaktivitas belajar siswa menyatakan terdapatperbedaan yang signifikan pengaruhpenggunaan model pembelajaran ReciprocalTeaching dengan model pembelajaran Drillterhadap aktivitas belajar TIK. Analisis datahasil belajar siswa diperoleh, uji normalitasdan homogenitas kedua kelompokberdistribusi normal dan homogen. Hasil ujihipotesis hasil belajar menyatakan terdapatperbedaan yang signifikan pengaruhpenggunaan model pembelajaran ReciprocalTeaching dengan model pembelajaran Drillterhadap hasil belajar TIK. Hal inimenunjukan bahwa aktivitas dan hasil belajardengan media pembelajaran Drill berbeda, danlebih baik dari media pembelajaran ReciprocalTeaching.

Copyrights © 2013