Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) peningkatkan hasil belajar TIKsiswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Sukasada melalui implementasi model pembelajarankooperatif tipe Numbered Head Together (NHT), dan (2) respon siswa kelas X.5 SMANegeri 1 Sukasada terhadap implementasi model pembelajaran kooperatif tipeNumbered Head Together (NHT).Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang direncanakanberlangsung dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 1Sukasada pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012, sebanyak 28 orang yangterdiri dari 17 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Objek penelitian adalah (1) hasilbelajar TIK, dan (2) respon siswa terhadap implementasi model pembelajarankooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Data hasil belajar siswa diperolehmelalui tes dan observasi sedangkan data respon siswa diperoleh menggunakan angket.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan hasil belajar TIKsiswa kelas X.5 SMA Negeri 1 Sukasada melalui implementasi model pembelajarankooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Besar peningkatan rata-rata skor hasilbelajar TIK siswa adalah 11,47 yaitu dari 59,87 dengan kategori cukup pada siklus Imenjadi 71,34 dengan kategori baik pada siklus II. Besar presentase peningkatanketuntasan klasikal adalah 17,86% yaitu dari 57,14% pada siklus I menjadi 75,00%pada siklus II, dan (2) respon siswa terhadap implementasi model pembelajarankooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) tergolong dalam kategori positifdengan rata-rata skor respon siswa sebesar 46,43.
Copyrights © 2012