Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada matapelajaran Teknologi Informasi dan komunikasi dengan menerapkan model pembelajaranTeam Assisted Individualization, dan mengetahui respon siswa terhadap penerapanmodel pembelajaran TAI.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sukasada Singaraja, di manamelibatkan siswa kelas XI IS 2 (28 siswa) tahun ajaran 2011/2012. Desain penelitian iniadalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data yangdikumpulkan dalam penelitian ini adalah hasil belajar dan respon siswa terhadappenerapan model pembelajaran TAI pada mata pelajaran TIK. Data hasil belajar siswadikumpulkan melalui tes kognitif dan lembar observasi afektif serta psikomotor,sedangkan data respon siswa dikumpulkan dengan lembar angket tertutup.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat peningkatan hasil belajarsiswa. Hal ini terlihat dari ketuntasan klasikal siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar64,29%, dan pada siklus II sebesar 82,14%. Hasil belajar ini mengalami peningkatansebanyak 17,85%. (2) rata-rata respon siswa terhadap penerapan model pembelajaranTAI tergolong positif yaitu sebesar 44,96. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapanmodel pembelajaran TAI pada mata pelajaran TIK dapat meningkatkan hasil belajar danmendapatkan respon positif dari siswa.
Copyrights © 2012