KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol 2, No 7 (2013)

AUGMENTED REALITY BOOK PENGENALAN TOPENG BALI KLASIK

Lanang Nugraha, Made (Unknown)
Crisnapati, Padama Nyoman (Unknown)
Sunarya, I Made Gede (Unknown)
Windu Antara Kesiman, Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2013

Abstract

Beragam jenis topeng yangterdapat di Bali, namun masyarakat Bali padaumumnya tidak mengetahui, dan mulaimeninggalkan seni topeng tersebut. Tujuan daripenelitian ini adalah untuk memanfaatkanteknologi dengan cara mengembangkan aplikasiyang dapat digunakan sebagai media untukmempelajari dan memperkenalkan Topeng BaliKlasik dengan lebih interaktif dan menarik.Metode penelitian yang digunakan adalahpenelitian dan pengembangan, untukmengembangkan aplikasi Augmented RealityBookpengenalan Topeng Bali Klasik, denganmenggunakan model waterfall sampai pada tahappengujian sistem.Aplikasi ini menggunakanlibrary vuforia yang mampu memainkan suaradanmenampilkan objek 3 dimensi Topeng BaliKlasik ke dalam sebuah lingkungan nyata denganmenggunakan bantuan buku dan smartphoneandroid.Hasil akhirnya berupa buku yangberisikan informasi dan gambar terkait topengtopengBali yang difungsikan sebagai penanda danjuga aplikasi Augmented Reality Book berbasisandroid yang mampu menampilkan objek topengtopengBali dalam bentuk 3 dimensi tepat di atasmarker lengkap dengan suara narasi penjelasan.Aplikasi ini dapat dijadikan sebagai media untukmemperkenalkan sekaligus melestarikan budayabangsa.media untuk memperkenalkan sekaligusmelestarikan budaya bangsa.

Copyrights © 2013