KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika) ISSN: 2252-9063
Vol 1, No 4 (2012)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEADS TOGETHER) TERHADAP HASIL BELAJAR KKPI SISWA KELAS X MULTIMEDIA 3 SMK NEGERI 1 SUKASADA TAHUN AJARAN 2011/2012

Lia Satriani, Ni Komang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2012

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh penerapan mediapembelajaran berbasis model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasilbelajar KKPI kelas kelas X Multimedia 3 SMK Negeri 1 Sukasada tahun ajaran2011/2012, (2) respon siswa penerapan media pembelajaran berbasis modelpembelajaran kooperatif tipe NHT.Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen) denganrancangan penelitian Posttest-Only Control Grup Design. Populasi penelitian iniadalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Sukasada tahun ajaran 2011/2012.Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Multimedia 1 dan XMultimedia 3 yang berjumlah 61 orang. Kelas X Multimedia 3 digunakan sebagaikelas eksperimen dan X Multimedia 1 sebagai kelas kontrol. Terdapat dua jenisvariabel dalam penelitian ini yaitu (1) variabel bebas adalah media pembelajaranyang digunakan, dan (2) variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Pengumpulandata dilakukan dengan menggunakan metode tes pilihan ganda untuk mengukurranah kognitif dan uji keterampilan untuk mengukur ranah psikomotor. Data hasilbelajar kemudian dianalisis dengan melakukan uji prasyarat yang meliputi ujinormalitas, uji homogenitas dan uji t. Sedangkan untuk respon dan metode angket.Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh, uji normalitas danhomogenitas kedua kelompok berdistribusi normal dan tidak homogen. (1) Nilairata-rata hasil belajar kelompok siswa dengan media pembelajaran NHT adalah40,32 dan memiliki standar deviasi 2,89. Nilai rata-rata hasil belajar kelompoksiswa dengan media pembelajaran konvensional adalah 32,8 dengan standardeviasi 4,28. Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa dengan mediapembelajaran NHT memiliki nilai yang lebih tinggi dari media pembelajarankonvensional, (2) diperoleh rata-rata respon siswa sebesar 60,84, denganpersentase respon siswa sebesar 25,81% merespon sangat positif, 70,97%merespon positif, dan 3,23% merespon cukup postif terhadap penerapan mediapembelajaran NHT.

Copyrights © 2012