Jurnal Ilmiah Desain & Konstruksi
Vol 6, No 1 (2007)

DAMPAK URBAN SPRAWL PADA KOTA-KOTA MENUJU KOTA METROPOLITAN TERHADAP PEMILIHAN MODA TRANPORTASI (STUDI KASUS: SEMARANG METROPOLITAN )

Ismiyati, Ismiyati (Unknown)
Soetomo, Sugiono (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2012

Abstract

Studi ini akan menggambarkan dampak urban sprawl yaitu perkembangan tak terkendalisecara horizontal kearah pinggiran kota terhadap ketidak efisiennya mobilitas yang akanmempengaruhi pemilihan moda transportasi. Urban sprawl berdampak pada tidak effisiennyapengaturan sistem transportasi perkotaan, karena selain tidak tertatanya permukimanakibat kurang kontrolnya pemanfaatan ruang juga terjadinya pengelompokan atauperbedaan strata sosio-ekonomi yang akan berdampak semakin kompleknya permasalahanmobilitas (pergerakan) penduduk. Kondisi demikian akan berpengaruh terhadappemilihan moda transportasi yang berpihak pada pemilihan moda pribadi.Mobilitas merupakan suatu permasalahan transportasi perkotaan yang sangat pelik danperlu penanganan yang serius. Tujuan dari studi ini untuk mengidentifikasi faktorpertumbuhanyang tidak terkendali kearah pinggiran kota dan faktor-faktor yang yangmempengaruhi permasalahan transportasi yaitu pemilihan moda transportasi. Studi inimenggunakan pendekatan spasial (ruang) yaitu suatu pendekatan yang mempelajari hubunganinteraksi antara manusia dan lingkungannya. Untuk itu metode penelitian denganmetode deskriftif kualitatif-kuantitatif yaitu suatu metode dengan teknik wawan-cararumah tangga secara random proposional pada rumah tangga yang berbeda status sosialekonominya pada wilayah yang terkena proses urban. Adapun teknik analisisnya denganmenggunakan Crosstabulation untuk menggambarkan faktor-faktor yang mem-pengaruhiperkembangan kota dan pemilihan moda transportasi. Hasil dari studi ini bertujuanuntuk merekomendasikan penanganan problem transportasi perkotaan padaperkembangan kota-kota menuju kota Metropolitan.AbstractThis study will describe influence of growth of urban uncontrollably toward outside orwhich is often referred as by urban sprawl to moda choce. Growth of town into metropolitanarea need careful because besides affecting social segregasi also cause noteffisient mobility of suburban, because journey become long distance is resident activitystill concentration at downtown (core city) and also the happening of integration of eachtown also will complicate arrangement of urban transportation system. Purpose of thisresearch is to identify factors growth of urban uncontrollably toward outside its influenceurban sprawl to moda choce with a view to recommend handling of problems of transportationat metropolitan area. Approach method with approach of spasial pursuant tounderstanding of human being interaction with urban environment that is by studyingdynamics friction of resident in taking choice suburban residence and its mobility choicethat is choice of moda transportation. Method acquirement of data by using techniquemethod interview household by random proposional pursuant to strata of sosio-economiat region of suburban. Technique analyse by using analysis of crosstabulation statisticwith test of significan to describe factors influencing growth of urban and its influence tomoda choice. Result of from this research describe that growth of town toward townboundary of Semarang unegual and its surroundings its speed at some district exist instudy region. As for factors influencing growth of town besides aksessibilitas there issocial factor in the form of change of life style toward requirement of settlement withbalmy environment and requirement of transportation. Result of from this study is]expected useful for the day-dream of problems of urban transportation by integratingbetween operation of policy of settlement of settlement environment and policy ofoperation of transportation system at natural towns of metropolitan area.

Copyrights © 2007






Journal Info

Abbrev

dekons

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Environmental Science Transportation

Description

Jurnal ini diterbitkan secara berkala dua kali dalam setahun, Juni dan Desember. Jurnal memuat artikel ilmiah hasil penelitian tentang sipil, konstruksi, dan arsitektur, yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris. Jurnal ini diterbitkan oleh Bagian Publikasi Universitas ...