Penelitian ini dilakukan karena masih banyaknya mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri PadangĀ yang mengalami kesulitan belajar mata kuliah Statika. Sehingga mendapat nilai rendah pada mata kuliah tersebut.Penelitian deskriptif ini dengan populasi sebanyak 69 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan angkatan 2016 dan 2017. Sampel diambil sebanyak 59 orang mahasiswa menggunakan teknik pengambilan sampel stratified propotional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala likert 5 pilihan jawaban dan 34 butir pernyataan positif-negatif. Data yang didapat kemudian diolah untuk mencari deskripsi data, frekuensi, persentase tiap indikator dan persentase keseluruhan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan belajar Statika mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Bangunan terjadi pada seluruh indikator (Indikator pemahaman materi Statika dan kemampuan menghitung mata kuliah Statika) pada kategori sedang.
Copyrights © 2018