Latar belakang penelitian adalah penyesuaian RPP dengan SKL kurang diperhatikan oleh guru mata pelajaran Gambar Teknik. Penelitian ini bertujuan mengetahui implikasi SKL pada RPP mata pelajaran Gambar Teknik dalam dimensi pengetahuan yang terdiri dari pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitif di SMK N Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Informan penelitian adalah siswa kelas X TGB SMK N Kota Padang. Informan penelitian dipilih menggunakan metoda snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis dokumen dan wawancara. Teknik analisis dengan menggunakan metoda reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian: 1) Dalam dimensi pengetahuan faktual, guru mata pelajaran pada masing-masing sekolah hanya menerapkan pengetahuan terminologi kepada siswa, yaitu memperkenalkan peralatan gambar teknik. 2) Dalam dimensi pengetahuan konseptual, hanya guru mata pelajaran SMK N 1 SUMBAR yang sudah menjelaskan kepada siswa tentang konsep dan contoh-contoh kongkrit yang merangsang siswa untuk menyimpulkan materi pembelajaran. 3) Dalam dimensi pengetahuan prosedural, guru mata pelajaran sudah menjelaskan langkah kerja, mencontohkan, dan menyuruh siswa untuk mencoba peralatan gambar teknik. 4) Dimensi pengetahuan metakognitif, masing-masing sekolah sudah menerapkan pengetahuan tugas kognitif dan pengetahuan diri.
Copyrights © 2018