-Penelitian ini berawal dari kendala yang dialamimahasiswa Program Pengalaman Lapangan Kependidikanpadasaatmelaksanakanpengelolaankelas di sekolahlatihan. Melihatpermasalahan yang ada, makapenelitianinibertujuanuntukmengungkapkendala-kendala yang dihadapimahasiswa Program pengalaman Lapangan Kependidikan program studi Pendidikan Teknik Bangunandalammelaksanakanpengelolaankelas di sekolahlatihan semester Juli-Desember 2017. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 57 orangmahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan yang sudahmelaksanakan PLK di sekolahlatihanpada semester Juli-Desember 2017. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Total Sampling.Pengumpulan data dilakukanmenggunakanangketdenganskalaLikert yang terdiridari 5 pilihanjawabandan 39 butir pernyataanpositif-negatif.Data yang didapatdariangketdiolahmenggunakaan Microsoft Excel 2016.Hasilpenelitian menunjukkanbahwakendala yang dihadapimahasiswa PLK saatmelaksanakanpengelolaankelasterjadipadaseluruhindikator.Untukindikatormahasiswa, kendaladialamipadakategorikecil; indikatorsiswapadakategorisedang; indikatorfasilitaspadakategorisedang; danindikatorpembimbingpadakategorikecil.
Copyrights © 2018