Penelitian ini berawal dari rendahnya hasil belajar mata kuliah mekanika teknik pada semester Januari-Juni 2016 mahasiswa program studi teknik sipil FT UNP. Melihat permasalahan yang ada, maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan faktor internal dan eksternal yang mempengaruhi hasil belajar, Faktor internal manakah yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa, dan faktor eksternal manakah yang paling berpengaruh terhadap hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 69 mahasiswa dengan menggunakan teknik Total Sampling, yaitu pengambilan sampel dengan jumlah yang sama dengan populasi. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dengan skala likert yang terdiri dari 4 buah pilihan jawaban dan terdiri dari 47 butir pernyataan. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis deskriptif, 2) menghitung rata-rata Subindikator dengan mirosoft excel dan menghitung persentase subindikator dengan Mirosoft Excel. Hasil penelitian menunjukan faktor internal yang paling mempengaruhi hasil belajar mekanika teknik semester Januari-Juni 2016 adalah faktor Intelegensi dengan persentase 74,03% dan faktor eksternal yang paling mempengaruhi hasil belajar mekanika teknik semester Januari-Juni 2016 adalah faktor hubungan dosen dengan mahasiswa dengan persentase 88,43%.
Copyrights © 2018