CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
Vol 5, No 4 (2018): CIVED 2018

PENGARUH DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA DIKLAT GAMBAR TEKNIK SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN DI SMK NEGERI 2 KOTA SOLOK

Dus Hendra (Unknown)
Rijal Abdullah (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh disiplin belajar siswa terhadap hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas XI Program Studi Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Kota Solok . Jenis penelitian ini adalah penelitian kausal komperatif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Dengan populasi siswa kelas XI Program Studi Teknik Gambar Bangunan siswa yang berjumlah 37 orang. Sampel yang digunakan yaitu seluruh populasi berjumlah 37 orang. Instrumen penelitian berupa angket yang sudah valid dan reliable. Teknik analisis data yang digunakan adalah: 1) Analisis deskriptif, 2) Uji persyaratan analisis, terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, 3) Pengujian Hipotesis. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap hasil belajar Gambar Teknik Siswa Kelas XI Program Studi Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Kota Solok. Hal ini dapat dilihat dari rumus persamaan linear sederhana Y= a + bX maka ditunjukkan dalam persamaan Y= 41,094 + 0,199X. Besarnya pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 28,4%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cived

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan ...