CIVED (Journal of Civil Engineering and Vocational Education)
Vol 6, No 3 (2019): SEPTEMBER 2019

PENGARUH PELAKSANAAN PENGALAMAN LAPANGAN INDUSTRI TERHADAP MINAT MEMILIH PROFESI GURU BAGI MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN

Zaipul Annuar (Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Padang)
Prima Zola, ST, MT (Teknik Sipil Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2019

Abstract

Abstrak - Meningkatnya ketertarikan mahasiswa terhadap profesi di bidang jasa konstruksi setelah melaksanakan Pengalaman Lapangan Industri dapat berdampak terhadap menurunnya minat mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan untuk memilih profesi guru. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri, (2) mengetahui minat terhadap profesi guru, dan (3) mengetahui pengaruh pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri terhadap minat memilih profesi guru bagi mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Penelitian ini termasuk pada penelitian expost facto dengan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa: (1) pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan pada kategori cukup dengan persentase sebesar 51,11%, minat terhadap profesi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 75,56%, dan tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri terhadap minat memilih profesi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan. Kata kunci: Pelaksanaan Pengalaman Lapangan Industri, Minat, Profesi Guru.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

cived

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

Jurnal CIVED adalah Jurnal ilmiah berkala yang diterbitkan tiga kali setahun, pada bulan Maret, Juni dan September oleh Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Padang. Jurnal CIVED adalah media untuk mempublikasikan hasil penelitian ilmiah mahasiswa, akademisi, praktisi dan ...