penelitian ini berawal dari adanya masalah rendahnya nilai siswa SMK Negeri 1 Koto XI Tarusan kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan. Rendahnya nilai siswa terungkap pada saat peneliti melakukan wawancara kepada guru mata Pelajaran Mekanika Teknik. Peneliti melihat bahwa nilai siswa banyak yang di bawah KKM. Melihat masalah ini maka peneliti tertarik untuk menerapkan strategi model pembelajaran Collaborative Learning (CL) tipe Jigsaw pada mata pelajaran Mekanika Teknik. Penelitian ini termasuk kepada jenis penelitian Quasi Experiment (eksperimen semu)dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling. Pengumpulan datamenggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest) berupa soal objektif sebanyak 25 soal. Data yang dianalisis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata (t-test).Hasil penelitian ditemukan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Collaborative Learning tipe Jigsaw memiliki nilai rata-rata (80) yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional dengan nilai rata-rata (72). Sedangkan dari perhitungan t-test diperoleh thitung besar dari ttabel. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Collaborative Learning tipe Jigsaw terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Mekanika Teknik kelas X Desain Permodelan dan Informasi Bangunan SMK N 1 Koto XI Tarusan.
Copyrights © 2018