Penelitian ini dilakukan di Taman Kanak-kanak Tunas Bangsa LubukBasung, dalam kenyataan yang peneliti temukan dilapangan terlihat kurangberkembangnya kemampuan membaca anak. Hal ini disebabkan kurangnyavariasi. Metode dalam mengenal, mengucapkan/ membaca danmenghubungkan kata dengan gambar sehingga potensi yang dimiliki anakterutama dalam membaca tidak berkembang secara optimal, kegiatanpembelajaran membosankan bagi anak. Salah satu upaya yang dapatmeningkatkan kemampuan membaca anak adalah dengan menggunakanpermainan putaran gambar binatang. Penelitian ini termasuk penelitiantindakan kelas dengan subjek penelitian anak kelompok B Taman KanakkanakTunas Bangsa Lubuk Basung tahun pelajaran 2011/ 2012 sebanyak 12orang yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 6 orang perempuan. Datatentang kemampuan membaca anak dalam pembelajaran diperoleh darilembar observasi yang dianalisis dengan persentase. Pada siklus I pertemuanketiga hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca anak sudahmeningkat kearah yang lebih baik. Penelitian tindakan kelas ini cukupdilakukan I siklus saja tidak perlu dilanjutkan pada siklus II, karena padasiklus I telah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) yang telahditetapkan. Berdasarkan hasil yang telah dicapai pada siklus I dapatdisimpulkan bahwa permainan putaran gambar binatang dapat meningkatkankemampuan
Copyrights © 2012