Jurnal Ilmiah pesona PAUD
Vol 4, No 1 (2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERJALAN ANAK MELALUI PERMAINAN JALAN RUPA-RUPA DI TAMAN KANAK-KANAK WARDATUL JANNAH KABUPATEN AGAM

Desmita, Sabrina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih rendahnya kemampuan berjalan anak, tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berjalan anak melalui permainan jalan rupa-rupa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan PTK adalah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian anak kelompok A Taman Kanak-Kanak Wardatul Jannah Kabupaten Agam tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 15 orang anak yang terdiri dari 7 laki-laki dan 8 orang perempuan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan persentase. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, pada siklus I kemampuan berjalan anak masih rendah sedangkan pada siklus II pertemuan 3 terjadi peningkatan yaitu kemampuan berjalan anak meningkat sangat baik, dan sudah mencapai KKM. Ini berarti permainan jalan rupa-rupa dapat meningkatkan kemampuan berjalan anak di Taman Kanak-Kanak Wardatul Jannah Kabupaten Agam. Kata kunci: berjalan, jalan rupa-rupa This research was motivated by the poor ability of a child to walk, Purpose of this research to increase ability of the students by kind of walking games. Kind of research that used is class measure researching with the stagef, planning, implementation, observatin and reflection. Subject is students class A Wardatul Jannah agam. There are fiften (15) students as models, eight (8) girls and seven(7) boys. Getting data by observation, documents and technic analysis persentase. This research doing amount two siklus. Each siklus consist of three times meeting. The first(1st) students walking ability still low whereas in the second (2nd) siklus-third(3rd) meeting occur inrease ability of the students in walking become highest and has reached KKM. Conclution of this research show that students reading ability raising by using kind of walking games. Keyword: Walking, kind of walking

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

paud

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL ILMIAH PESONA PAUD began publishing in March 2012 with p-ISSN no 2337-8301 with a frequency of 6 times a year. This journal was re-managed and published twice a year in the printed and electronic versions in 2018. each of which had p ISSN no 2337-8301 and e ISSN no 2656-1271 by the Department ...